Metode menurut
Djamaluddin dan Abdullah Aly dalam Kapita Selekta Pendidikan Islam,
(1999:114) berasal dari kata meta berarti melalui, dan hodos jalan.
Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu
tujuan. Sedangkan menurut Depag RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama
Islam (2001:19) Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk
memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
Menurut WJS. Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
(1999:767) Metode adalah cara yang telah teratur dan terpikir
baik-baik untuk mencapai suatu maksud. Berdasarkan definisi di atas,
penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa metode merupakan jalan atau cara yang
ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
‘Mengajar adalah
suatu usaha yang
sangat kompleks, sehingga
sulit menentukan bagaimana sebenarnya mengajar yang baik. Metode adalah
salah satu alat untuk
mencapai tujuan. Sedangkan
pembelajaran adalah suatu kegiatan yang
dilakukan oleh guru
sedemikian rupa sehingga
tingkah laku siswa berubah ke
arah yang lebih baik (Darsono, 2000: 24). Menurut Ahmadi (1997: 52) metode
pembelajaran adalah suatu
pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh
guru atau instruktur.
Pengertian lain mengatakan bahwa
metode pembelajaran merupakan
teknik penyajian yang dikuasai
oleh guru untuk
mengajar atau menyajikan
bahan pelajaran kepada siswa
di dalam kelas,
baik secara individual
ataupun secara kelompok
agar pelajaran itu dapat
diserap, dipahami dan
dimanfaatkan oleh siswa
dengan baik.
Adapun
yang dimaksud pembelajaran Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S.
Winataputra (2008) dalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan
terjadinya proses belajar pada siswa. Sedangkan menurut UU Nomor 20 tahun 2003
tentang Sisdiknas, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan
pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.
Jadi
pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik
dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan
bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan
pengetahuan. Jadi dapat dikatakan Teori belajar merupakan upaya untuk
mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua
memahami proses inhern yang kompleks dari belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar